Minggu, 18 Maret 2018

Cara Menentukan Model Server yang Layak dengan Usaha Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal tersebut dapat menjadi sebuah faktor utama yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang sepatutnya dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan macam server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Cara Menentukan Model Server yang Layak dengan Usaha Anda


Apakah server akan diterapkan untuk keperluan rumit, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan macam server yang layak untuk usaha  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab wujudnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user laptop antara dua puluh sampai 100 orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai kekuatan cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga dapat tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server tipe ini memiliki keunggulan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan penyuplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web info, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah jenis server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berakibat pada performa usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar