Jumat, 23 Maret 2018

Kiat-kiat Menentukan Tipe Server yang Cocok dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi salah satu unsur utama yang menetapkan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan pertama kali sebelum pilih ragam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan jenis server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Kiat-kiat Menentukan Tipe Server yang Cocok dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat bagian, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai pc antara dua puluh sampai 100 orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun begitu server tipe ini memiliki kelebihan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini biasanya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berdampak pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar