Jumat, 23 Maret 2018

Kisi-kisi Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaPada saat memulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal tersebut bisa menjadi sebuah unsur utama yang memutuskan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau sebatas diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa menentukan model server yang cocok untuk jasa  Anda.

Kisi-kisi Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam empat bagian, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Macam server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pemakai computer antara dua puluh hingga seratus orang dapat memilih server macam ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingikan dengan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih pesat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server macam ini mempunyai keunikan tersendiri jikalau dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menggunakan suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, laman kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server tertinggi. Server ini sanggup menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berimbas pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar