Rabu, 14 Maret 2018

Kisi-kisi Pilih Model Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard BandungDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini bisa menjadi satu faktor penting yang menetapkan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih tipe server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa memastikan macam server yang cocok untuk layanan  Anda.


Kisi-kisi Pilih Model Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat bagian, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server macam ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan karena formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna laptop antara 20 hingga 100 orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai kekuatan cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengatur cara pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu tampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server macam ini memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu mengaplikasikan penyuplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini sesuai untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berpengaruh pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar