Rabu, 14 Maret 2018

Trik Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorPada saat mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini bisa menjadi sebuah elemen prioritas yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang sepatutnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih macam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan high, menengah, atau cuma diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan jenis server yang layak untuk usaha  Anda.

Trik Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat kelompok, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim diterapkan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini amat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa melaksanakan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup tampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang lebih pesat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server tipe ini mempunyai keunikan tersendiri jikalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat memakai penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, laman berita, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berimbas pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar