Jumat, 23 Maret 2018

Tips Menentukan Model Server yang Layak dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan macam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi sebuah elemen prioritas yang memutuskan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang wajib dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan macam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau sebatas diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan model server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Tips Menentukan Model Server yang Layak dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 golongan, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini umumnya dipakai dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab bentuknya yang tidak memakan tempat dan mudah diletakkan pada rak server.
Macam server ini amat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai laptop antara 20 sampai 100 orang dapat memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai energi cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga mampu tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web isu, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server tertinggi. Server ini bisa menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung kerja pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar